Saturday 15 August 2015

Keindahan Pasih Uug & Snorkeling di Crystal Bay Nusa Penida

Sabtu, 15 Agustus 2015
Nusa Penida merupakan sebuah pulau terpisah yg berada di tenggara Pulau Bali. Wilayah Nusa terdiri dari 3 kepulaun yaitu Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan. Nusa Penida masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Klungkung. Menyebrang ke Nusa Penida bisa dilakukan dari beberapa tempat salah satunya menggunakan Fast Boat dari pantai sanur, bagi yg menyebrang dengan kendaraan bisa menggunakan kapal roro dari pelabuhan Padang Bai. Karena saya tinggal di denpasar, maka saya akan menyebrang dari pantai sanur. dari jam 8 penyebarangan fast boat ke nusa penida sudah dimulai dan berakhir sekitar jam 3 sore. banyak operator boat yg beroperasi disanur, jadi penting untuk tahu di lokasi mana kita akan turun di nusa penida, karena masing masing boat memeliki dermaga yg berbeda. Saya memilih Fasboat "Maruti" yg nantinya akan bersandar di Pantai Toya pakeh, karena kebetulan tempat saya menginap nantinya akan berada di desa toya pakeh. Setelah kurang lebih 40 menit perjalanan saya telah sampai di dermaga pantai toya pakeh, dan langsung pergi ke penginapan "Penida Dive Resort" milik teman kami disana.

Goa Giri Putri

Di ujung barat goa ada Gedongsari Sthana Hyang Sri Sedana/Ratu Syahbandar, sebuah patung Dewi Kwam Im, serta altar Dewa Langit. Semua itu merupakan Dewa Pemurah, Pengasih dan Penyayang serta Dewa-dewi Kemakmuran
Kegiatan di nusa Penida saya awali dengan sembahyang di Goa Giri Putri dan Pura Dalem Ped, Goa giri putri memiliki panjang sekitar 300 meteran mulut gua terletak diseblah timur sisi bukit tembus sampai sisi bukit sebelah barat, meskipun lubang masuk goa sangat kecil tetapi didalam goa ruangannya sangat luas dan lebar. Ada beberapa pura yang dipakai untuk persembahyangan disini.

Sore setelah sembahyang saya melanjutkan perjalanan menuju Pasih Uug. Perjalanan sekitar 1 jam dengan menggunakan sepeda dari desa toya pakeh, Menuju pasih Uug jangan menbayangkan seperti perjalanan wisata umumnya di pulau Bali. Jalan utama di nusa penida masih berupa aspal dengan banyak lobang disana sini, dan setelah keluar dari jalan utama menuju pasih uug keadaannya semakin parah dengan jalan kapur dengan tanjakan dan turunan yang menambah sensasi petualangan ke tempat ini,  tapi sesampainya di pantai semuanya akan terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Pasih Uug (Broken Beach)
Pasih Uug (Broken Beach) berada didesa Bunga Mekar yaitu disisi barat Pulau Nusa dimana merupakan tebih karang di pinggir pantai yg berlubang dan membentuk sebuah kolam dengan jembatan alami diatasnya. sebenaranya ada beberapa tempat di sekitaran pasih uug, seperti Angel's Billabong dan Andus Beach. karena keburu malam saya tidak sempat kesana.

Minggu. 16 Agustus 2015
Pantai Toya Pakeh
Suasasana Pagi di Pantai Toya Pakeh
Pagi di pantai toya pakeh sangat tenang, dengan segelas kopi kami menikmati tanangnya air dan melihat aktivitas di pantai.

Snorkeling di Nusa Penida
Snorkeling di Crytal Bay Nusa Penida
Pagi ini kami berencana snorkeling di Crystal Bay, karena arus masih kencang pemilik boat memutuskan untuk menunggu dulu sampai arus pantai lebih tenang,  sehingga kami habiskan waktu duduk di pinggir pantai toya pakeh di sekitar dermaga quick Silver. Sekitar jam barulah kami berangkat menuju crystal Bay,  kita ajak melewati celah pulau antara nusa penida dan ceningan. Ombaknya lumayan tinggi karena tepat berhadapan langsung dengan Samudera luas. Sekitar 30 menit kita sampai dilokasi, sudah banyak boat boat yg mengantar tamu untuk diving maupun snorkening, kebanyakan sih wisatawan asing. Air lautnya sangat jernih sesuai dengan julukannya, begitu juga terumbu karangnya masih terjaga dengan baik yg dihiasi oleh aneka jenis ikan yg berwarna warni. Arus yang agak kuat disini sangat menyulitkan untuk untuk snorkeling  disni. Baru kita menyelam beberapa saat saja kita sudah terseret jauh dan terpisah dari boat yg kita tumpangi. Kami snorkeling tidak begitu lama dan  berikutnya kami pindah ke spot lain, namanya Gamat Bay, tetapi kondisi malah lebih parah dari Crystal Bay.

Snorkeling di Crystal Bay
Sebenarnya kami berencana berlibur selama 3 hari di Nusa Penida, hari terakhir rencananya ke Pantai Atuh di selatan Nusa Penida, melihat kondisi jalan disana kami membatalkan niat kami dan sorenya kami langsung pulang ke denpasar.
"Berharap suatu saat nanti akan kembali ke Nusa Penida untuk melihat pantai Atuh tentunya dengan jalan yg sudah lebih Mulus."