Thursday 3 January 2013

Kemah di Danau Buyan - Bedugul

Mengakhiri Akhir Tahun 2012, Berkemah di danau buyan menjadi agenda menutup tahun kali ini, tujuannya untuk mencari udara sejuk pegunungan & menikmati suasana damai danau Buyan. 
Danau Buyan
Danau Buyan
Lokasi  kemah di Danau Buyan, berupa lapangan rumput yg tidak rata dan dibelakangnya merupakan hutan lindung. Menuju Danau Buyan (tempat kemah) kalau dari arah Denpasar sekitar 3 km dari Danau Beratan, ikuti saja jalan utama yg menuju singaraja, kemudian akan ketemu pertigaan Pasar Pancasari, ambil kiri, ikuti jalannya  sampai mentok danau. nah itulah lokasinya, ya kira kira sekitar 2 KM dari pasar, saat itu jalanya rusak parah, karena air danau sempat meluap.

Kami berangkat dari denpasar sekitar pukul 11.00, di akhir tahun jalanan ke Bedugul tidak begitu ramai, jadi perjalanan lancar lancar saja. perlengkapan yg kurang kami beli di pasar pancasari, kayu bakar yg belum dibawa untuk api unggun ada yg jual di warung deket danau.


Bulan Desember kita tahu memang musimnya penghujan, jadi kalau mau kemah  ingatlah bawa jas hujan & kantong plastik untuk menghindari pakaian & perlengkapan lain dari air hujan. Dari beberapa kali saya berkemah saat malam tahun baru dibedugul (pengalaman pribadi ), biasanya hujan deras akan turun dari  jam 2 - 5 sore, trus malemnya biasanya cerah atau paling banter gerimis. 

Kemah di Buyan 

Kalau berkemah di danau buyan akan dikenakan restribusi Rp. 2000 per orang dan parkir mobil Rp. 2.000 dan restribusi tenda Rp. 10.000.
bagi yg gak bawa tenda sudah ada penyewaan tenda lengkap dengan tikar & sleeping bag disana. Harga sewa tendanya sekitar Rp. 100.000 - 150.000/per hari.


Sekitar jam 3 sore, kami mulai membangun tenda, agak susah juga mencari tempat yg bagus, karena kebanyakan tempatnya becek, dan bergelombang. saat menbangun tenda itulah tiba tiba saja hujan turun dengan deras, jadi semua tempat jadinya tambah becek. Sekitar 1 jam kemudian barulah hujan mulai agak reda. 


Suasana kemah dibuyan pada akhir tahun ini lumayan ramai, ada sekitar 30-an tenda. Kebanyakan kemah keluarga dengan anak anaknya  dan beberapa remaja sekolahan. Sore hari paling asyik memancing ikan, karena ikanya sdh pada lapar, sehingga cepat dapetnya. Tapi ikan ikan yg dipancing ukurannya sangat kecil.

Mancing Ikan

Malamnya seperti biasa "Api Unggun dan bakar ikan'' tapi bukan dari hasil mancing, kasian terlalu kecil, ikan udah disiapin dari rumah. 

Melewati malam dibuyan suhu udara saat itu tidak begitu dingin, ya sekitar 20 - 23 derajatlah,  anak anak saja tidak ada yg pake jaket, setelah lewat tengah malam baru berasa agak dingin.


Api Unggun
Tengah malam saat pergantian tahun suara kembang api mulai terdengar, bau asap kembang api sangat kuat, rencana mencari sepi akhirnya sama saja ributnya dengan kembang api di Denpasar. Karena sudah tradisi tahun baru, ya nikmati saja.......!!!.
Suasana Pagi danau Buyan



Trekking
Pagi yang damai di Buyan, suara burung berkicau, kabut tipis menyelimuti air danau, dengan ditemani secangkir kopi hangat, kami menikmati kedamaiannya. Setelah anak anak bangun, kami trekking dijalanan menuju hutan Dasong, sekalian memancing ikan disana.

Jam 10 pagi, kami berkemas untuk balik ke Denpasar tidak lupa membersihkan sampah sampah bekas berkemah.

Tip berkemah di buyan
* Pilihlah lokasi membangun tenda yg terhindar dari aliran air saat hujan.

* Bawa perlengkapan sudah memiliki standar khusus seperti Tenda yg tidak tembus air, Sleeping Bag/Selimut, jacket dengan Polar, kupluk, sloop Tangan dan kaos kaki, jikalau suhu sangat dingin bisa menhindari kita & anak-anak dari kedinginan.

* Bawalah termos, kalau anak anak minta minum teh atau susu dimalam hari.

* Bawalah senter atau penerangan cadangan, pas yg satu rusak bisa untuk gantiin.

* Hindari pulang dari Bedugul ke Denpasar saat tahun baru diatas jam 12.00, karena jalanan bakal macet.

8 comments:

  1. tempat sewa tendanya dmn ya...? klo ada sekalian contact numbernya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 087860384289 buk luh tu......

      Delete
    2. www.we-advent.blogspot.co.id

      WEADVENT (Sewa Pera;atan Hiking dan Camping)
      Kami menyewakan peralatan mendaki dan camping

      -Tenda kap.8
      -Tenda kap.7
      -Tenda kap.5
      -Tenda kap.4
      -Tenda kap.2
      -Kompor
      -Nesting
      -Trangia
      -Sleeping Bag
      -Carrier/Ransel
      -Headlamp/Senter Kepala
      - Dan masih banyak lainnya

      Langsung datang ke basecamp kami
      W.E ADVENTURE
      Jl. Gunung Slamet NO.20B Monang Maning
      CP 0856 1336 114

      Delete
  2. kebetulan saya punya tenda sendiri, ada warung sebelum gerbang masuk danau, tanya saja disana. contactnya gak tau

    ReplyDelete
  3. bagi yang mau cari tenda kemah bisa hubungi 081916527525 Dwi Bali TentHood, start price tenda 60rb/mlm, menyewakan perlengkapan kemah lainnya juga..

    ReplyDelete
  4. buat temen2 jika ada yang mau rental tenda dome/ tenda kemping dan alat-alat kemping lainnya (sleeping bag, matras, matras, lampu dll ) hubungin aja 085739339461 / 081805520880, makasi

    ReplyDelete
  5. Kalau untuk jaket pelampung dan helm temen2 ad yang menyewakan juga kah? Mhon info

    ReplyDelete
  6. Boleh minta nomber pengelolanya atau yg bisa kami hubungin buat kemah disana....
    Nyari murah meriah tyang warga lokal

    ReplyDelete